Sejarah dan Keindahan Wisata Benteng Pendem



Sejarah dan Keindahan Wisata Benteng Pendem
Riwayat dan Lokasi - Benteng Pendem Cilacap merupakan peninggalan Belanda ini mempunyai nama dalam bahasa Belanda ialah Kustbatterij op de Landtong te Cilacap terletak di pesisir pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap, bangunan ini sudah ada sejak tahun 1861, bangunan dulunya merupakan markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun di area seluar 6,5 hektare yang dibangun secara bertahap selama 18 tahun, di mulai pada tahun1861 hingga 1879. Bangunan ini sempat tertutup tanah pesisir pantai dan sempat tidak terurus, kemudian benteng ini ditemukan dan mulai digali oleh pemerintah Cilacap dan diurus lagi pada tahun 1986, hingga saat ini pemerintah Kabupaten Cilacap menjadikan Benteng Pendem ini sebagai salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Cilacap.

sejarah 

Benteng Pendem sendiri merupakan markas pertahanan tentara Belanda sehingga desainnya seperti bangunan Belanda, karena di desain sendiri oleh arsitek Belanda, tempat ini dulunya difungsikan untuk menahan serangan lawan yang datang dari arah laut, benteng ini sendiri digunakan hingga tahun 1942, ketika perang melawan pasukan Jepang, dan lama kelamaan benteng ini berhasil di kuasai oleh Jepang. 
Pada tahun 1945, Jepang sendiri meninggalkan benteng ini karena dua kota mereka yaitu Hiroshima dan Nagasaki dibom oleh tentara sekutu, dan di kesempatan ini pula TNI Banteng Loreng Kesatuan Jawa Tengah memanfaatkan situasi dengan mengambil alih benteng tersebut, dan karena sudah diambil alih oleh TNI sehingga mereka menggunakannya untuk berlatih perang dan pendaratan laut oleh para pejuang kemerdekaan.

Bangunan Benteng Pendem

Banguna dari benteng ini sendiri terdiri dari beberapa ruang yang masih kokoh hingga saat ini serta dikelilingi oleh parit. ada juga yang bilang bahwa di dalam benteng ini juga terdapat terowongan menuju benteng-benteng lain dan sejumlah gua di pulau Nusakambangan namun sampai saat ini kebenaran akan hal ini belum sepenuhnya terbukti. dari barak/kamar sendiri mempunyai 60 barak, ruang tembak dan 13 tempat-tempat penting untuk pertahanan sendiri oleh pagar dan parit serta tertimbung tanah sedalam 1-3 meter. Dari 60 ruang itu sendiri berupa :
  • Kamar istirahat / Barak
  •  Markas
  •  Terowongan
  •  Ruang rapat
  •  Gudang senjata
  •  Benteng pengintai
  •  Benteng pertahanan
  •  Ruang perwira
  •  Penjara
  •  Ruang mesiu
  • 13 tempat meriam, dll.

Sejarah dan Keindahan Wisata Benteng Pendem

Fasilitas-fasilitas dan Harga Tiket

Objek wisata ini selain banyak bangunan bersejarah juga dilengkapi pula dengan fasilitas seperti : tempat istirahat, gazebo, ayunan, kolam pemancingan dan sejumlah patung dinosaurus. dan jika kalian naik ke atas Benteng Pendem tampak jelas Pulau Nusakambangan dari sini.
 Harga tiket Masuk :
  

Orang Hari Biasa Hari Libur
Pagi Siang  Malam Pagi Siang Malam
Dewasa Rp. 3.000,- Rp. 4.000,- Rp. 3.000,- Rp. 4.000,- Rp. 5.000,- Rp. 4.000,-
Anak-anak Rp. 2.500,- Rp. 3.000,- Rp. 2.500,- Rp. 3.000,- Rp. 4.000,- Rp. 3.000,-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah dan Keindahan Wisata Benteng Pendem"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya,apabila anda ada pertanyaan.silahkan berkomentar pada kolom komentar dibawah ini